Halo, Sahabat Data! BPS Kabupaten Raja Ampat membuka proses rekrutmen Tambahan Calon Mitra Statistik. Bagi Calon Mitra Statistik yang diterima dari proses ini akan berkesempatan untuk dilibatkan dalam berbagai kegiatan sensus dan survei di BPS Kabupaten Raja Ampat di sisa tahun 2025 ini, baik kegiatan rutin bulanan, triwulanan, ataupun tahunan; menjadi petugas lapangan ataupun pengolahan sesuai kebutuhan masing-masing kegiatan.
Berikut adalah linimasa proses rekrutmen Tambahan Calon Mitra Statistik 2025 BPS Kabupaten Raja Ampat:
- Pendaftaran/registrasi calon mitra statistik: 21-23 Mei 2025
- Seleksi administrasi calon mitra statistik: 26-29 Mei 2025
- Seleksi tes kompetensi calon mitra statistik: 4-10 Juni 2025
- Seleksi akhir calon mitra statistik: 10-11 Juni 2025
- Submit pakta integritas: 12-13 Juni 2025
- Pengumuman hasil rekrutmen calon mitra statistik: 19 Juni 2025
Berikut adalah persyaratan umum calon mitra statistik 2025:
- Tidak berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan/atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK);
- Sehat jasmani dan rohani;
- Disiplin dan berkomitmen;
- Bersedia bekerja terikat kontrak;
- Bersedia mengikuti pelatihan (jika ada);
- Mampu berbahasa Indonesia dengan baik serta membaca dan menulis huruf latin;
- Mampu menulis huruf latin kapital dengan baik;
- Mampu berkomunikasi dengan baik;
- Memiliki, menguasai, dan dapat menggunakan komputer/gadget/tablet/smartphone dengan spesifikasi sebagai berikut: RAM minimal 3 GB, Android minimal versi 5.0, penyimpanan internal minimal tersedia 2 GB, kamera minimal 8 MP dan berfungsi normal, dapat terhubung dengan jaringan internet;
- Berpendidikan minimal tamat SMA/sederajat;
- Berumur 18 s.d. 50 tahun pada saat registrasi;
- Diutamakan memiliki dan mampu mengendarai kendaraan bermotor;
- Diutamakan berpengalaman dengan kegiatan sensus/survei di BPS;
- Mampu bekerja sama dan berkoordinasi dengan anggota tim, pegawai BPS, Aparatur Desa/Kelurahan, Ketua/Pengurus SLS, dan lain-lain;
- Diutamakan tidak memiliki pekerjaan tetap agar dapat fokus melaksanakan kegiatan survei/sensus BPS sesuai yang tertuang dalam kontrak kerja;
- Untuk perempuan tidak dalam kondisi hamil.
Mekanisme registrasi Calon Mitra Statistik Tambahan 2025 adalah sebagai berikut:
Bagi yang belum pernah terdaftar di Aplikasi Sobat BPS:
b.) melakukan aktivasi akun melalui tautan yang dikirimkan ke email;
c.) melakukan login dan melengkapi data profil (mengunggah KTP, foto terbaru, dan ijazah terakhir pada Sobat);
d.) mendaftar pada kegiatan “Rekrutmen Mitra Statistik BPS 2025-Pendaftaran Tambahan”.
Bagi yang sudah pernah terdaftar di Aplikasi Sobat:
a.) melakukan login dan melengkapi data profil (mengunggah KTP, foto terbaru, dan ijazah terakhir pada Sobat);
b.) mendaftar pada kegiatan “Rekrutmen Mitra Statistik BPS 2025-Pendaftaran Tambahan”.
Terkait dengan Seleksi Kompetensi:
Calon Mitra Statistik yang sudah mendaftar di aplikasi Sobat BPS pada kegiatan “Rekrutmen Mitra Statistik BPS 2025-Pendaftaran Tambahan”, dimohon agar terus melakukan pemeriksaan status penerimaan Seleksi Administrasi pada website https://mitra.bps.go.id/ secara berkala.
Calon Mitra Statistik dengan status “Diterima” dapat melanjutkan ke tahap Seleksi Kompetensi yang akan dilaksanakan secara offline, informasi terkait jadwal dan mekanismenya akan disampaikan kemudian.
Rekrutmen ini bukan merupakan penerimaan CPNS/PPPK/PPNPN. Khusus Mitra Statistik yang sudah terdaftar dari hasil rekrutmen bulan Desember 2024 lalu tidak perlu mendaftar ulang pada proses rekrutmen ini. Seluruh rangkaian proses rekrutmen tidak dipungut biaya apapun. Informasi selengkapnya terkait rekrutmen akan selalu di-update pada tautan https://s.bps.go.id/OprecBPS9201
Jadi, tunggu apa lagi? Segera daftarkan dirimu dan mari berkontribusi untuk negeri kita tercinta!
------------------------------
Kunjungi, Like, dan Ikuti Media Sosial dan Website Kami
Homepage: rajaampatkab.bps.go.id
Facebook/YouTube: BPS Kabupaten Raja Ampat
Instagram/TikTok: @bpsrajaampat
WhatsApp: 082199750891 (Humas BPS Kabupaten Raja Ampat)
"Dengan Data, Dedikasi Nyata, 'tuk Raja Ampat Jaya!"